Jumat, 04 November 2022

Eksplorasi Konsep - Modul 3.3

 

Refleksi

Berdasarkan situasi dari kasus dan tayangan video, maka :

1. Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut (Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler)?

             Situasi 1 : kokurikuler

                Situasi 2 : kokurikuler

                Situasi 3 : kokurikuler

                Situasi 4 : ekstrakurikuler

                Situasi 5 : intrakulikuler

                Situasi 6 : intrakurikuler, 

                Situasi 7 : ekstrakurikuler

                Situasi 8 : kokurikuler

                Situasi 9 : intrakurikuler

                Situasi 10 : intrakurikuler


2. Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba   mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid.  Jelaskan jawaban Ibu/Bapak.


      Situasi 1 = Ketika Pak Segar memberikan kesempatan kepada muridnya mengeluarkan ide-idenya tentang bagaimana memanfaatkna lahan sekolah yang terlantar sehingga menjadi berdaya guna (mengeluarkan ide = suara)

     

        Situasi 2 = Ketika Bu Ara meminta muridnya untuk merancang layout kelas sesuai dengan keinginannya dan mempresentasekannya (mendorong rasa kepemilikan)

       Situasi 3 = Ketika Pak Atap menanyakan destinasi kegiatan yang menarik kepada muridnya yang dapat membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan dari karya wisata tersebut, sehingga akhirnya murid mendapatkan 3 pilihan destinasi yang sesuai dengan kriteria yang disampaikan oleh Pak Atap (pilihan)

       Situasi 4 = Ketika Pak Bahri meminta pendapat Anggota OSIS untuk menyampaiakn pendapat/ide terkait kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dilaksanakan meskipun secara daring. Dan juga ketika Pak Bahri menyampaikan kesulitan dengan tidak adanya guru yang dapat mengajarkan kegiatannya. Murid-muridnya mengeluarkan ide bahkan memberikan solusi terkait permasalahan ketiadaan guru yang mengajarkan. (suara)

       Situasi 5 = Ketika guru pelajaran TPK menantang muridnya untuk mengidentifikasi potensi pakan ternak organik dari lingkungan dan masyarakat sekitar berikut permasalahannya. serta bagaimana solusi mengembangkannya.  Dan para murid memutuskan untuk menciptakan pakan ternak organik bagi peternak ayam negeri (broiler) di sekolahnya (pilihan dan kepemilikan)

       Situasi 6 = Ketika murid-murid Pak Tegas  mengusulkan satu program ekstra kurikuler yang bisa menampung keterampilan dan keahlian mereka dalam teknik komputer dan jaringan dan mengeluarkan ide-idenya. (Suara)


3. Dalam setiap situasi yang digambarkan di atas, apa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang

     dikembangkan? Jelaskan jawaban Anda!


    Berdasarkan situasi tersebut di atas, keenam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila sudah dikembangkan yakni Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebhinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalas Kritis; dan kreatif


 Salam dan Bahagia

Dahniar - CGP Angkatan 5 Kota Kendari



0 komentar:

Posting Komentar