Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Covid-19 membawa perubahan dalam setiap aspek kehidupan terutama dalam pendidikan. Pendidik (Guru), orang tua, dan peserta didik harus menerima dan melakukan perubahan agar dapat bertahan dalam situasi pandemi Covid-19, yakni menerima perubahan sistem pembelajaran dengan metode Pembelajaran Online. Kondisi ini membuat kita akhirnya sadar bahwa pembelajaran bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, tidak harus dengan tatap muka di kelas. 

Beberapa kendala memang kita hadapi dalam menerapkan Pembelajaran Online. Berdasarkan pengalaman saya di sekolah, beberapa kendala yang kami hadapi antara lain :

1. Ketidaksiapan tenaga pendidik menghadapi perubahan metode pembelajaran online.  Kemampuan IT yang masih rendah menjadi kendala yang utama yang kami hadapi di sekolah saat ini.

2. Siswa/i kami sebagian besar berasal dari luar kota dimana jaringan internet kurang bagus malah ada yang tidak memiliki akses internet sama sekali.

3.  Keterbatasan kemampuan dalam penyediaan paket internet, baik guru maupun/siswa. 

4. Masih ada guru dan siswa yang belum memiliki Hp Android.

Kendala-kendala tersebut di atas tidak serta merta membuat kami surut dalam melaksanakan tugas.  Kami tetap berusaha mencari solusi dan membuat inovasi-inovasi sehingga proses pembelajaran online tetap berjalan, meski tidak maksimal seperti pembelajaran di kelas.  Pembelajaran online di sekolah kami menggunakan beberapa platform/aplikasi pembelajaran daring, tetapi yang lebih efektif memaksimalkan grup Whatsapp dan Facebook dalam memberikan informasi-informasi kepada siswa, 



0 komentar:

Posting Komentar