Selasa, 31 Mei 2022

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1.a.8

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1


Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?

          Yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum mempelajari modul 1.1 ini bahwa :
1. Saya memahami bahwa setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, namun saya belum mengetahuibagaimana cara bagaimana merancang pembelajaran yang bisa membuat semua anak bisa belajar sesuai dengan minat bakatnya.
2. Ketika memberikan tugas kepada anak, mereka harus bisa mengerjakan tugas tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan dan ketika mereka tidak menyelesaikannya maka biasanya saya memberikan sanksi atau hukuman kepada mereka. 
3. Pembelajaran saya masih menjadikan siswa sebagai objek. Saya lebih banyak memberikan materi dengan ceramah kepada anak-anak dan ini saya sadari memberikan hasil yang kurang maksimal, karena beberapa anak kelihatan bosan dan kurang bersemangat ketika menerima pelajaran.
4. Dalam memberikan penilaian, saya masih bertumpu kepada pencapaian nilai kognitifnya. 
5. Setiap anak harus disiplin dengan waktu, dengan apel sesuai waktu yang telah ditentukan dan tidak boleh terlambat. Ketika ada yang terlambat, terkadang saya tidak mau menerima alasan apapun dari mereka. Sanksi tetap harus diberikan. 
6. Saya percaya setiap anak memiliki permasalahannya di rumah yang berdampak pada kehadiran dan hasil belajarnya, namun saya belum tahu pendekatan yang tepat dalam menghadapi problematika anak-anak saya.
7. Saya percaya bahwa sifat dan perilaku anak sudah tidak bisa diubah lagi, karena itu sudah terbentuk dari keluarga dan lingkungan belajar mereka sebelumnya.

Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

        Setelah mempelajari modul 1.1 ini, yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya adalah bahwa :

1. Setiap anak dengan kekuatan kodrat yang dimilikinya yang membedakannya dengan individu lain, membuat saya sadar bahwa saya harus bisa membuat dan merancang pembelajaran menyesuaikan dengan minat dan bakat anak-anak saya.  Saya harus membuat mereka belajar dengan semangat dan bahagia, karena ketika kita melihat wajah-wajah senang dan puas dari siswa, disitulah kebanggaan kita sebagai seorang guru.
2. Saya menyadari bahwa ketika saya memberikan tugas kepada anak-anak, saya harus bisa membantu dan mengarahkan mereka untuk mengerjakan tugas tersebut sesuai dengan minat dan bakat anak-anak saya. Saya harus meluangkan waktu untuk mendengarkan kendala ataupun permasalahan yang dihadapi ketika menyelesaikan tugasnya. 
3. Dalam pembelajaran di kelas, guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Pembelajaran itu haruslah berorientasi kepada siswa, siswalah yang menjadi subyek pembelajaran bukan obyek seperti yang selama ini saya lakukan. Saya menyadari kekurangan ini setelah mempelajari filosofi pemikiran KHD tentang pendidikan.
4. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga dalam memberikan penilaian saya tidak boleh hanya melihat satu aspek saja (kognitif) tetapi harus melihat aspek lainnya seperti afektif dan psikomotoriknya. Nilai akhir jangan dijadikan sebagai patokan ketuntasan nilai anak, tetapi lebih kepada proses yang telah dilalui anak-anak kita.  
5. Sebagai pendidik, kita harus memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada anak-anak kita. Jangan kita menuntut anak-anak untuk disiplin, sementara gurunya belum disiplin. Anak-anak akan meniru apa yang dilakukan oleh gurunya.
6. Saya masih harus belajar menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak saya, saya harus menyediakan waktu untuk mendengarkan segala keluh kesah mereka. Meskipun mungkin saya belum bisa memberikan solusi, tetapi paling tidak saya bisa menjadi sahabat mereka.
7. Dengan memberikan mereka pembiasaan di sekolah dan juga tauladan dari gurunya, sifat dan perilaku anak masih bisa kita perbaiki. 



Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

       Yang akan segera saya terapkan agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD adalah :
1. Saya akan merancang pembelajaran di kelas sesuai dengan kodrat alam dan zaman. 
2. Saya akan mengidentifikasi bakat dan minat anak-anak saya.
3. Saya harus "menghamba kepada siswa" dengan menjadikan mereka sebagai subyek dalam pembelajaran.
4. Saya akan menuntun anak-anak saya sesuai dengan kodrat iradat yang dimilikinya sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab.
5. Saya harus bisa menjadi Among bagi mereka, dengan menerapkan semboyan KHD yakni Ing Ngarso Sung Tulodha, Ing Madyo Mangunkarso, Tut Wuri Handayani.

       Demikianlan hasil pemahaman saya terhadap materi dari Modul 1.1 ini. Banyak manfaat yang saya dapatkan dari materi ini dan semoga bisa membawa perubahan untuk saya dan orang-orang di sekitar untuk pendidikan yang lebih baik. Insya Allah.

#tergerak
#bergerak
#menggerakkan


Penulis  : Dahniar, ST., M.Pi
CGP      : Angkatan 5 Kota Kendari - Sulawesi Tenggara
Sekolah : SMK Negeri 7 Kendari


















0 komentar:

Posting Komentar