Kamis, 08 Oktober 2020

IGI Kota Kendari Menggelar Diklat Guru

MERAJUT MAKNA DALAM TETESAN TINTA PENA ( by : Sulfajriyani Indah)



Menulis adalah salah satu keterampilan produktif (productive skill) dalam bahasa. Menulis merupakan aktifitas menuangkan pikiran atau ide-ide menggambarkan fakta maupun imajinasi dalam bentuk teks sehingga dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca. Seorang penulis perlu menyusun karyanya dengan sistematika yang terstruktur sehingga memudahkan pembaca memahami maksud tulisannya.

Sebagai keterampilan produktif, kemampuan menulis umumnya sangat dipengaruhi oleh kemampuan membaca. Oleh karena itu, seorang penulis yang baik selalu membiasakan diri untuk membaca guna memperkaya referensi tulisannya maupun melatih diri untuk membentuk gaya menulis tertentu sesuai dengan tujuan tulisannya.

Writing is timeless, menulis tak lekang oleh waktu. Tulisan bersifat abadi tidak seperti halnya kita memiliki sebuah konsep pemikiran dan hanya kita tanamkan diotak kita. Demikian pentingnya tulisan sehingga banyak fakta sejarah dan ilmu pengetahuan terungkap dari sebuah tulisan. Dengan demikian perkembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi tidak terlepas dari peran manusia yang mengabadikan karyanya dalam bentuk tulisan.

Amanat Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 menetapkan persyaratan kenaikan pangkat/jabatan guru dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan menyebutkan publikasi ilmiah sebagai salah satu unsur penilaian angka kredit untuk kenaikan pangkat. Publikasi karya ilmiah menuntut guru untuk lebih produktif dalam menulis sehingga  menghasilkan tulisan-tulisan yang dapat dimuat dalam jurnal-jurnal terakreditasi.

Mempublikasi karya-karya ilmiah masih merupakan kendala oleh sejumlah guru, terutama dalam memenuhi keperluan angka kredit untuk kenaikan pangkat. Mengingat pentingnya meningkatkan kompetensi guru menulis karya ilmiah, Ikatan Guru Indonesia (IGI) bekerjasama dengan JSDI dan NARASI menyelenggarakan PELATIHAN MENULIS PTK & MENDAFTARKAN KE JURNAL. Pelatihan ini akan diselenggarakan pada:

                Sabtu, 17  - 29 Oktober 2020

                Pukul 13.30 - 15.30 WITA

                join via ZOOM MEETING


Keynote Speaker : 

Muhammad Ramli Rahim (Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia)

Narasumber :

1.  Makmur, S.Pd., M.Pd (Kepala Dinas Dikmudora Kota Kendari)

2.  Chandra Sri Ubayanti (Ketua Wilayah IGi Papua Barat, Sekretaris SADAR IGI)

Host :

Sulfajriyani Indah

Pengurus IGI Kota Kendari


๐Ÿ‘‰ FREE E-SERTIFICATE


Pendaftaran :

๐Ÿ‘‰ 4 - 16 Oktober 2020

๐Ÿ‘‰ Link Registrasi :  bit.ly/registdiklat-IGIkendari

๐Ÿ‘‰ Contact Person :08114033337

๐ŸŒบ๐Ÿ’Sharing & Growing Together๐ŸŒธ๐ŸŒท



#igikendari

#jsdi

#narasi

#kitabisa.com

#dirumahsaja

0 komentar:

Posting Komentar